'

Mengenal Apa Itu Kartu Keredit

Kartu kredit - adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dan sistem kredit, yang namanya berasal dari kartu plastik yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut. Sebuah kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Kebanyakan kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran yang sama, seperti yang dispesifikasikan oleh standar ISO 7810. (Sumber : id.wikipedia.org)
Kartu Keredit
Ilustrasi : finansialku.com
Konsep penggunaan kartu dalam transaksi perbankan ternyata telah dikenal lebih dari 67 tahun yang lalu. Meski demikian, muatan teknologi tinggi baru dapat muncul sekitar dekade 1970-an.

Pada tahun – tahun ini muncul pertama kali mesin ATM yang menandai transaksi perbankan yang ditunjang oleh teknologi telekomunikasi secara on line untuk semua nasabah selama 24 jam, penuh tidak terputus. Tiga puluh tahun kemudian, gaya transaksi elektronik ini menjadi gaya hidup lebih dari 90 persen transaksi perbankan di negara – negara maju.

Keuntungan & Kerugian Kartu Kredit

Keuntungan:
  • Tidak perlu membawa uang tunai saat berbelanja/bertransaksi
  • Ada poin reward jika sering digunakan dan bisa ditukarkan dengan hadiah
  • Ada diskon di merchant tertentu yang bekerja sama dengan bank pnerbit kartu kredit
  • Bisa memeandaatkan program cicilan dengan bunga 0% untuk pembelanjaan barang-banrang tertentu (pada saat promosi)
  • Dapat digunakan dalam keadaan darurat. Misalnya mendadap tegnah malam ada keluarga yang harus dirawat inap di rumah sakit, maka tidak perlu susah payah mencaru uang tunai sebagai jaminan.
  • Ada tempo pembayaran dari saat transaksi dilakukan sampai terbitnya tagihan

Kerugian:
  • Karena sisitemnya berutang terlebih dahulu, ada kemungkinan terjadi pengeluaran yang melebihi batas kemamapuan untuk membayar
  • Godaan untuk belanja makin besar karena pembelanjaan tidak dibayar tunai saat itu juga.
  • Ada bunga yang dikenakan atas transaksi bila pembayaran lewat dari masa jatuh tempo.
  • Ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kartu kredit, misalnya biaya iuran tahunan kredit, biaya administrasi pembayaran via bank dan biaya materai.
  • Jika kurang hati-hati menyimpan kartu, bisa terjadi penyalahgunaan oleh pihak-pihak tidak berwenang.
Isitilah-istilah kartu kredit

Biaya Tahunan
Adalah Biaya yang dibebankan sekali dalam setahun untuk kepemilikan kartu kredit. Beberapa penyedia kartu kredit menawarkan kartu tanpa biaya tahunan. Biaya tahunan merupakan bagian dari total biaya kredit. 

Tingkat Persentase Tahunan (APR)
Adalah Tingkat bunga tahunan yang dibebankan kepada saldo kartu kredit yang belum terbayar. 

Saldo
Adalah Jumlah uang. Dalam perbankan pribadi, saldo mengacu kepada jumlah uang yang ada di tabungan atau rekening cek. Dalam pinjam meminjam, saldo mengacu kepada jumlah uang yang dipinjam. 

Batas Kredit
Adalah Jumlah maksimum yang dapat dibebankan kepada rekening kartu kredit tertentu. 

Peringkat Kredit
Adalah Evaluasi sebuah institusi keuangan pada kemampuan individu untuk mengelola hutang. Nilai kredit yang baik diperlukan jika Anda berniat untuk meminjam uang atau mempunyai kartu kredit. 

Masa Tenggang
Adalah Waktu yang diberikan kepada peminjam untuk melakukan pembayaran setelah jatuh tempo tanpa menambah bunga peminjaman. 

Tingkat / Bunga Perkenalan
Adalah Penerbit kartu kredit mungkin menawarkan tingkat persentase awal yang rendah sebagai promosi. Pastikan Anda sepenuhnya mengerti berapa lama tingkat persentase pengenalan tersebut berlaku dan bagaimana nilai standar yang ada. 

Pembayaran Minimum
Adalah Jumlah pembayaran minimum yang diminta untuk dibayarkan pada tagihan kartu kredit Anda untuk menjaga rekening dalam performa yang baik. 

Perlindungan Overdraft 
Adalah Layanan perbankan yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan rekening cek dengan kartu kredit. Dengan demikian mampu melindungi Anda dari denda overdraft atau cek yang ditolak balik karena dana yang tidak mencukupi


Apa itu balance transfer?
Jika Anda memiliki masalah dengan hutang kartu kredit, lebih buruk lagi, hutang dari beberapa kartu kredit, mungkin balance transfer bisa Anda jadikan pilihan untuk melunasi hutang Anda ini. Transfer Balance adalah pemindahan saldo hutang dari satu atau beberapa kartu kredit ke kartu kredit lain. Pemindahan ini bahkan bisa dilakukan antar bank, artinya saldo hutang dari kartu kredt bank A, B, dan C, bisa Anda pindahkan ke satu kartu kredit dari bank D, tentunya dengan suku bunga kredit yang lebih rendah. 

Setelah seluruh saldo hutang pada kartu kredit yang kita miliki dialihkan ke kartu yang baru, maka tinggal diatur cicilan pembayarannya yang bisa kita negosiasikan dengan bank yang baru. Sehingga kita bisa mendapatkan cicilan yang paling ringan . Nah, selanjutnya kita tinggal membayar cicilan hutang kartu kredit ke bank yang baru ini. 

Namun perlu diingat bahwa meski transfer balance telah dilakukan, proses perhitungan bunga pada kartu kredit sebelumnya tetap berjalan. Jadi, sebaiknya tutup kartu kredit lain dan stop penggunaannya sebelum kita berhasil melunasi utang kredit kita. 
Persyaratan Balance Transfer Kartu Kredit Berikut adalah persayaratan dokumen untuk mengajukan balance transfer:
  • Fotokopi KTP/Paspor yang masih berlaku.
  • Fotokopi kartu kredit bank lain bolak-balik.
  • Fotokopi Billing Statement 1 bulan terakhir.
Apa itu good credit score?

Jenis kartu kredit yang paling sesuai
  • Pilih kartu yang memiliki fasilitas atau keuntungan terbaik untuk kita. Keuntungan ini seperti bunga yang rendah, promo suku bunga, tidak adanya biaya tahunan maupun biaya servis bank, bonus perjalanan udara, bonus point rewards, dan sebagainya.
  • Pastikan syarat dan ketentuan yang berlaku jika terdapat penawaran promo suku bunga dari Bank. Cek kapan promosi itu berakhir. Banyak bank penerbit kartu kredit yang memberikan bunga rendah hanya di awal penggunaan kartu saja.
  • Pastikan apakah ada biaya tambahan. Beberapa bank mengenakan biaya tambahan, seperti: tahunan, biaya aplikasi, biaya servis, biaya over limit, biaya keterlambatan pembayaran, dan sebagainya. Bandingkan semua biaya ini antara satu kartu dengan kartu lainnya.
  • Cek suku bunga kartu kredit. Beberapa kartu mengenakan bunga mulai dari tanggal penggunaan, beberapa mengenakan bunga mulai dari tanggal pembayaran tagihan. Bayarlah seluruh tagihan kamu untuk menghindari tambahan bunga ini.
  • Cek jika kartu kredit memiliki standar pembayaran bulanan. Beberapa kartu menetapkan pembayaran setiap dua minggu. Tanyakan juga apakah terdapat penalti jika kartu kredit tidak digunakan.
  • Pilih proses pengajuan. Terdapat 3 cara mengajukan kartu kredit, yaitu: melalui surat, melalui telepon, atau melalui internet. Pilih yang paling sesuai dengan kamu.
  • Mengaktifkan kartu kredit. Ikuti petunjuk pengaktifan yang disertakan bersama dengan kartu. Biasanya ini hanya bisa dilakukan melalui telepon rumah. Jangan lupa untuk menandatangani bagian belakang kartu.
Bagaimana supaya pengajuan kartu kredit saya diterima ? 

Mengajukan aplikasi di pusat perbelanjaan/Mall
Jika kita perhatikan di pusat2 perbelanjaan banyak stand/booth yang menawarkan pembuatan kartu kredit, biasanya hal tersebut dilakukan oleh vendor pemasaran dari bank yang bersangkutan. Aplikasi kartu kredit lebih mudah dilakukan disini sebab sebagai vendor pemasaran, mereka dibebani target penjualan kartu kredit, jadi mereka cenderung lebih mudah "berkompromi". 

Lebih Mudah Jika Anda Sudah Memiliki Kartu Kredit
Permohonan pembuatan kartu kredit akan lebih mudah jika anda telah memiliki kartu kredit. Dengan catatan bahwa penggunaan kartu kredit tidak bermasalah, sehingga nama anda tidak ditemukan dalam database daftar hitam nasabah oleh bank. Anda hanya tinggal memberikan fotokopi kartu kredit yang anda miliki, fotokopi KTP dan mengisi formulir isianya 

Pilih Bank Yang Sama Dengan Bank Dimana Anda Menyimpan Uang
Selain Bank lebih mudah dalam melakukan pengecekan terhadap kemampuan finansial anda, hal ini juga akan memudahkan anda sebagai pemegang kartu (Cardholder) dalam pembayaran tagihan bulananya 

Akan Lebih Mudah Diterima Jika Anda Memiliki Gaji Tetap
Bank menilai seorang karyawan dengan penghasilan tetap lebih aman untuk diberikan fasilitas kartu kredit dibandingkan dengan jika anda seorang wiraswasta, sekalipun mungkin peghasilanya lebih besar dari seorang karyawan bergaji tetap. Namun jangan berkecil hati, yang penting anda dapat memberikan kepastian bahwa anda memiliki kemampuan finansial untuk melunasi tagihan-tagihan yang akan muncul kelak 

Kriteria Lainya
Masih banyak kriteria lainya yang mempengaruhi scoring anda di mata bank penerbit kartu kredit, seperti memiliki rumah sendiri, memiliki telepon rumah (fixed Phone) dll. Namun saya pikir hal tersebut merupakan hal yang minor jika anda memiliki memenuhi 4 point sebelumnya.
(Sumber : pilihkartu.com)

0 Response to "Mengenal Apa Itu Kartu Keredit "

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik pada postingan ini. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !