'

Mengenal Jenis Dan Fungsi ATM

Setiap bank tentu memiliki mesin ATM (Automated Teller Machine), yang membantu para nasabah untuk memenuhi kebutuhan uang tunai dalam jumlah tertentu tanpa harus datang ke bank.
ATM

ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

Kartu ATM sudah bukan barang asing lagi bagi para nasabah bank yang sudah online.Dan untuk memperlancar transaksi para nasabah, pihak bank akan memberikan sebuah kartu ATM yang hanya pemegangnya saja yang bisa mengakses, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, pembelian, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM.

Tahukah Anda, sebenarnya mesin ATM itu punya ragam jenis yang berbeda fungsi? ATM-ATM ini ditujukan agar nasabah mulai menggunakan ATM sesuai dengan kebutuhan. Seperti apa jenis-jenis ATM tersebut? Berikut detilnya:

ATM Multifungsi
Ini merupakan ATM yang sering ditemui di beragam tempat. Di ATM ini, Anda bisa melakukan tarikan tunai serta transaksi non tunai, seperti pembelian pulsa, pembayaran ragam tagihan.

ATM Non Tunai
Bila Anda hanya ingin melakukan transaksi perbankan tanpa melibatkan uang tunai, Anda bisa memilih jenis ATM ini. Seluruh transaksi perbankan non tunai bisa Anda lakukan hingga top up Kartu Flazz tanpa harus mengantri di jalur ATM reguler. Pengiriman berita transfer juga bisa anda lakukan melalui jenis ATM ini dengan cukup mengetikkan berita yang anda inginkan melalui menu dan keyboard yang sudah disediakan.

ATM Setoran Tunai
Anda ingin melakukan setoran tapi tidak ada waktu untuk antri di teller bank? Jangan khawatir. ATM Setoran Tunai  siap membantu Anda. Cukup masukkan lembar uang Rp 50.000,- atau Rp 100.000,- (maksimum 50 lembar) pada mesin, maka dana Anda secara online sudah tersetor. Dengan ATM jenis ini Anda bisa melakukan penyetoran pada rekening pribadi maupun ke rekening orang lain.

ATM Setor Tarik
Belum lama dirilis, mesin ATM ini semakin melengkapi kebutuhan akan nasabah. Boleh dikatakan, inilah ATM multifungsi sebenarnya di mana Anda bisa melakukan setoran maupun penarikan uang tunai dalam pecahan uang Rp 50.000,- dan atau Rp 100.000,-, sekaligus melakukan transaksi non  tunai lainnya. Semua bisa dilakukan di satu mesin. Mudah, cepat dan aman.

Bagaimana? Dengan adanya ragam mesin ATM ini, seluruh kebutuhan Anda akan transaksi perbankan akan semakin mudah dan cepat. Anda tinggal pilih ATM yang sesuai, maka transaksi yang diperlukan rampung dalam hitungan menit. Kemudahan-kemudahan ini bisa Anda dapatkan di ATM BCA selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
(Sumber. bca.co.id - id.wikipedia.org)

0 Response to "Mengenal Jenis Dan Fungsi ATM"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik pada postingan ini. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !