'

TN Wasur keindahan di timur Indonesia

Wisata alam TNW belum banyak dikembangkan, namun demikian potensi wisata alamnya sangat luar biasa bagi para petualang yang menyukai atraksi hidupan liar, inilah surga yang jarang dicari tandingannya.


Taman Nasional Wasur yang sudah di bahas di postingan sebelumnya selain memiliki keanekaragaman hayatinya juga memiliki keindahan alam dan tempat-tempat wisata alam yang sangat luar biasa.
TNW dapat di jangkau dari Jayapura ke Merauke menggunakan pesawat dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dilanjutkan dari Merauke ke lokasi sekitar 9 - 85 km menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh 1 - 2 jam. TNW dibelah jalan Trans Irian yang menghubungkan Jayapura dan Merauke memungkinkan untuk perjalanan darat. Wisata alam TNW belum banyak dikembangkan, namun demikian potensi wisata alamnya sangat luar biasa bagi para petualang yang menyukai atraksi hidupan liar, inilah surga yang jarang dicari tandingannya

Taman-Nasional-WasurTaman Nasional Wasur merupakan taman terluas di Papua Selatan menawarkan keindahan alam nya tempat hidup berbagai ekosistem, di TN wasur terdapat 6 tipe ekosistem dari mulai pesisir berair payau sampai berair tawar dan rawa berair payau samapai berair tawar juga daratan

Terdapat Rumah rayap (musamus) yang hanya ada di TN Wasur, Merauke. Rumah rayap ini bisa mencapai ketinggian sampai 5 meter dengan bahan sarangnya terbuat dari rumput dan lumpur yang disusun oleh rayap.

Taman-Nasional-WasurSelain wisata alamnya yang mempesona di TN Wasur kita juga bisa melakukan kegiatan pengamatan satwa terdapat beberapa obyek wisata yang merupakan lokasi tujuan wisata pengamatan satwa yaitu savana Ukra, Kankania, Mar, Kondo dan Prem Rawa Biru. Jenis satwa yang dapat diamati di lokasi ini adalah kanguru, burung-burung air, biawak dan rusa.

Taman-Nasional-Wasurr
Bird Watching atau pengamatan burung bisa dilakukan di Rawa Biru, Rawa Ndalir, Rawa Poo dan Yanggandur. Rawa Poo dan Rawa Ndalir Jenis burung yang dapat dijumpai di lokasi ini adalah Cenderawasih, Nuri, Kakatua, Pelikan, Ibis, Belibis, Betet, Bayan, Rajawali Irian, Alap-alap (frog mouth), burung pintar, maleo kecil dan lain-lain.
Disamping itu,  wisatawan dapat juga mengamati keberadaan burung-burung migrant seperti Pelikan/Undan Australia (Pelicanus conspicillatus), Ibis/Straw-necked glossy, Boha/magpie geese; Gajahan kecil/little curlew, Paruh sendok/Royal spoonbill, dll. Adapun lokasi pengamatan dapat dilihat di Rawa Dogamit dan Pantai Ndalir, Rawa Blatar

Salah satu daya tarik lainnya yang memiliki potensi sebagai obyek wisata adalah wisata perbatasan negara Indonesia dengan Papua New Guinea, Tugu Sabang Merauke dan Monumen Border Town (batas Negara RI-PNG), lokasi kedua obyek ini berada di Distrik Sota yang berjarak 80 km dari Kota Merauke. Obyek ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan beberapa wisatawan asing

Taman-Nasional-Wasur
kur1n6

0 Response to "TN Wasur keindahan di timur Indonesia"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik pada postingan ini. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !