'

Faktor Pendukung Dalam Pementasan Wayang Golek

Suatu pagelaran wayang golek akan terasa sempurna dengan jika didukung oleh beberapa hal, diantaranya :



Faktor Pendukung Dalam Pementasan Wayang Golek
Fhoto : putragiriharja3
PANGGUNG PERTUNJUKAN
Panggung yang biasa digunakan untuk pagelaran wayang golek mempunyai ukuran yang cukup luas mengingat jumlah personel dan alat gamelan yang banyak. Selain luas, tinggi panggung  juga diperhitungkan dengan cermat agar pagelaran wayang golek dapat disaksikan oleh penonton dari berbagai sisi.

Pada pagelaran wayang golek sebenarnya tidak diperlukan setting panggung yang rumit dan mencolok. Cukup dengan latar hitam, atau bahkan tanpa latar sama sekali. Jika panggung memiliki latar (back drop) yang ramai dan mencolok, dikhawatirkan tokoh-tokoh wayang tidak akan terlihat secara fokus.

LIGHTING
Tata cahaya yang digunakan pada pagelaran wayang golek cukup untuk menerangi panggung pagelaran, khususnya wilayah “jagat” atau tempat wayang diperankan.

GAMELAN
Gamelan atau alat musik mempunyai peranan yang dominan dalam pagelaran wayang golek dan sebagai sarana pengiring. Giri Harja 3 dan Putra Giri Harja 3 menggunakan gamelan multi laras, dimaksudkan untuk mendukung variasi lagu yang bersifat fleksibel sesuai dengan nada yang diinginkan.

WAYANG GOLEK
Wayang yang digunakan Giri Harja 3 dan Putra Giri Harja 3 berjumlah ratusan. Kepentingannya selain untuk kebutuhan cerita, juga digunakan sebagai janturan (dekorasi di kanan-kiri jagat).  Janturan juga berfungsi sebagai pendukung keindahan panggung/setting. Dari tahun ke tahun, bentuk dan warna wayang golek Giri Harja  selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan kreatifitas dalang.

CERITA/LAKON
Cerita/lakon yang dibawakan Giri Harja 3 dan Putra Giri Harja 3 selalu bervariasi, sesuai dengan tema atau permintaan dari pemesan. Para dalang selalu beradaptasi dengan kejadian-kejadian aktual dan selanjutnya diaplikasikan pada lakon wayang. Unsur humor juga menjadi ciri khas Giri Harja.

SOUND SYSTEM
Tata suara yang digunakan pada pagelaran wayang golek untuk mendukung suksesnya pagelaran mempunyai kekuatan di atas 20.000 watt. Ini dilakukan dengan pertimbangan agar dapat menjangkau wilayah yang luas.
(nukurinx - putragiriharja3.blogspot.com)

0 Response to "Faktor Pendukung Dalam Pementasan Wayang Golek"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik pada postingan ini. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !